Lebih Produktif Dengan New S Pen Samsung Galaxy Note20

Salah satu fitur khas Samsung Galaxy Note Series adalah S Pen. Kehadiran si “batang” ajaib pada Galaxy Note, menyempurnakan peran lini seri ini sebagai perangkat serba bisa handal, yang siap mendukung beragam aktivitas dan mendongkrak produktivitas penggunanya. Mulai kerja kantoran hingga kerja kreatif.

Seiring dengan perkembangannya, S Pen juga terus mengalami perkembangan. Terakhir, berbarengan dengan rilis Galaxy Note20 Series belum lama ini, Samsung memperkenalkan “New S Pen”, sebagai bagian dari lini seri termutakhir Galaxy Note. Kini, kemampuan S Pen sudah jauh ditingkatkan. Dengan inovasi terbarunya, S Pen pada Galaxy Note20 ini tak lagi sekadar aksesoris pelengkap. Tapi sudah menjadi salah satu elemen penting dalam melakukan akselerasi Galaxy Note20.  

Salah satu peningkatan yang mencolok adalah aspek latency. Dari yang tadinya masih terlihat ada sedikit jeda ketika menggores ujung S Pen pada layar, kini nyaris tak terlihat lagi. Samsung sudah berhasil mereduksi angka latency menjadi 9 ms.  Latency sangat rendah ini, membuat pengalaman pengguna saat memakai S Pen, tak ubahnya seperti menulis dengan pena di atas kertas biasa –ditambah dengan dukugan layar yang memiliki refresh rate 120 Hz.

Tak hanya nyaman saat membuat coret-coretan di atas layar, S Pen dengan teknologi baru ini pun sangat memuaskan ketika dipakai  mengedit foto dan video, membuat sketsa dan artwork, dan sebagainya. Si tongkat ajaib ini menjadikan layar bagaikan secarik kertas putih yang sangat nyaman untuk dicoret-coret. Terlebih lagi catatan yang dibuat dari stylus ini bisa dikonversi ke dokumen Microsoft Office dan langsung disinkronkan dengan perangkat lain melalui Samsung Galaxy Note20.

Selain kecanggihan dan kecakapan atau latency dalam merespon penggunaan, beberapa fitur canggih dalam S Pen mampu membawa pengguna ke level tertinggi dalam pengalaman penggunaan perangkat yang memiliki desain layar lebar. Beberapa fitur canggih yang bisa diandalkan, di antaranya: 

Screen-of memo

Saat pengguna harus melakukan aktivitas secara tiba-tiba, seperti mencatat, fitur screen-off memo bisa memastikan pengguna melakukan pencatatan langsung. Cukup keluarkan S Pen dan ketuk layar Galaxy Note20 Series maka proses langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen dan mencari aplikasi Samsung Notes bisa dilakukan. Catatan yang dibuat disini akan secara otomatis disimpan ke dalam Samsung Note. 

Dalam situasi kerja on the go melakukan pekerjaan ataupun feedback dari tim kerja di manapun berada bukan lagi jadi kendala. Pasalnya, terkadang pekerjaan tiba-tiba ini sering meminta untuk melakukan proses editing pada file PDF. Di Galaxy Note20 sistem dapat langsung melakukan import file PDF tersebut ke dalam Samsung Notes.

Proses selanjutnya, pengguna bisa mencari halaman yang ingin diedit menggunakan Page ViewSistem kerjanya pun bisa dilakukan dengan mudah untuk menandai tulisan, memberikan komentar, hingga menaruh gambar dengan mudah menggunakan S Pen. Kecanggihan lainnya, pengguna juga dapat menkonversikan catatan atau gambar ke format PDF, PPT, maupun WORD. Keren, kan? 

Dilengkapi Audio Bookmark

S Pen tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan catatan, lebih dari itu si tongkat ajaib ini mampu mengembalikan catatan yang terlewat oleh si penulis. Caranya? Pengguna bisa memanfaatkan fitur Audio Bookmark untuk mengembalikan hal yang terlewat itu.

Audio Bookmark merupakan fitur baru milik Samsung Galaxy Note20 Series yang menggunakan kemudahan mencatat menggunakan S Pen, dengan aktualitas dari Voice Notes. Audio Bookmark memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang dibuat di saat yang bersamaan.

Apabila anda melupakan salah satu poin pada catatan, tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas S Notes anda, dan ketuk S-Pen anda pada poin yang ingin anda ingat, maka Samsung Notes anda akan secara otomatis memainkan Voice Notes di waktu anda membuat tulisan tersebut, mempermudah anda mengingat poin-poin pembicaraan ketika anda membaca ulang catatan anda. Terkadang ketika anda mencatat dengan terburu buru, tulisan anda akan miring. Sekarang, anda dapat merapihkan tulisan tersebut dengan menggunakan fitur Auto Straightens.   

Sertifikat IP68

Bukan hanya perangkat Samsung Galaxy Note20 saja yang sudah memiliki kekebalan terhadap cipratan air dan debu dari luar. Si tongkat ajaib S Pen juga memiliki kemampuan tersebut yang sudah mendapatkan sertifikasi IP68. Tetap bisa menulis dengan nyaman, meski terpercik air. Bahkan ketika dalam kondisi mendesak di jalan berdebu tentu bukan lagi hal yang menakutkan. Tulisan atau catatan yang dituangkan langsung ke layar dari S Pen ketika situasi tersebut, akan tetap memberikan hasil yang baik. 

Navigate Air Action

Navigasi perangkat melalui S Pen sepertinya telah menjadi fokus Samsung dalam pengembangan teknologi di perangkat terbarunya. Melalui navigasi ini, gerakan S Pen tanpa menyentuh layar (Air Action) bisa menjadi kontrol aplikasi langsung ke layar smartphone. Pengguna juga bisa mengatur gerakan atau gesture yang diinginkan untuk membuka aplikasi tertentu.

Misalnya saja menggerakan S Pen ke kiri, kanan, atas, atau bawah untuk mengoperasikan kamera. Untuk melakukan zoom in/out, S Pen bisa digerakkan melingkar searah jarum jam atau berlawanan. S Pen juga mendukung sejumlah perintah dasar seperti navigasi ke halaman muka (home), kembali (back), membuka Recent App, membuat Screen Capture dan membuka Smart Select.

Melalui Smart Select, pengguna juga bisa berkreasi dengan membuat GIF. Selain itu, S-Pen terbaru ini juga memiliki jangkauan hingga 10 meter dengan diameter ujung pena 0,7 mm dan sertifikasi IP68.  S Pen telah terintegrasi dengan Microsoft OneNote dan Outlook. Pena digital ini juga dapat disinkronisasi pada perangkat komputer seperti laptop dan PC guna memudahkan proses presentasi.

Sumber : ArenaLTE.com

Menu